Kata-Kata Kesetiaan yang Paling Menyentuh Hati

Perlu diketahui bahwa kata setia tidak harus tentang hubungan cinta sama pacar atau pasangan saja. Tapi kesetiaan juga bisa terjadi pada hubungan persahabatan ataupun pada pekerjaan. Berikut ini adalah contoh dari 3 faktor utama yang biasanya terjadi untuk menguji kesetiaan kita.


1. Hubungan Percintaan


Yang pertama adalah kesetiaan pada hubungan percintaan. Dalam poin ini adalah poin utama yang sangat sering di kaitkan dengan kata setia. Ada kata-kata pepatah mengatakan  “Cinta tidak selamanya indah”. Kata kata tersebut mungkin ada benarnya juga, kadang tidak selamanya cinta itu membuat kita bahagia. Seiring waktu yang berlalu, akan ada masalah-masalah yang terjadi diantara kamu berdua. Baik karena salah satu diantara kalian berdua ada yang berubah (tidak seperti yang dulu), atau karena dia tidak jujur dan sering berbohong. atau masalah-masalah lainnya.

Kesetiaan pada hubungan percintaan bisa juga terjadi pada hubungan jarak jauh, atau dengan kata lain LDR (Long Distance Relationship). Ldr adalah sebuah hubungan yang sedang dijalani namun terhalang oleh jarak dan waktu yang memisahkan. Dalam hal ini, banyak yang menjalani hubungan Ldr merasa cemas dan khawatir apakah pacar atau pasangan yang jauh disana masih menjaga komitmen untuk saling setia satu sama lain.

Percaya deh, ketika kamu menjalani hubungan jarak jauh, disini kalian berdua akan belajar yang namanya arti sebuah kebersamaan, kejujuran, dan keyakinan. Gak mesti harus selalu bertemu untuk merasakan 3 hal itu. Kadang yang jauh itu dapat menambah rasa cinta kita, hal ini dikarenakan munculnya perasaan kangen dan rindu dan menjauhkan kita dari rasa jenuh dan bosan.

Intinya, kesetiaan dalam hubungan asmara itu cukup simple kalo masing-masing antara kamu berdua yakin satu sama lain. Pengorbanan yang kamu lakukan seperti halnya menjalani Ldr adalah bukti seberapa serius kamu benar-benar sayang dan ingin mempertahankan hubungan karena tak mau kehilangan dia.

Tak peduli seberapa besar godaan yang terjadi, kalo kamu berkomitmen untuk bertahan dan benar-benar setia, maka kamu akan menerima dia apa adanya, bersyukur atas kelebihannya, dan mengabaikan semua kekurangan dan kelemahan dia. maka percayalah rasa kecewa tidak akan kalian rasakan.

2. Hubungan Persahabatan


Contoh kedua adalah tentang kesetiaan dalam persabahatan. Ada kata kata mutiara mengatakan, “Kacang lupa dengan kulitnya”. Makna dari kata kata tersebut adalah kadang kita seakan lupa dengan sahabat dan teman lama yang selama ini telah menemani kita suka dan duka hanya karena mempunyai kawan yang baru, yang lebih asyik, yang lebih royal, yang lebih gaul, yang lebih kaya, atau yang lebih terkenal dan populer.



Makna dari kata kata tersebut juga bisa ditujukan kepada teman yang tidak tahu terima kasih, atau dengan kata lain “hanya datang saat keadaan susah dan sulit, dan menghilang saat keadaan jaya”. Memang, dalam sebuah kisah persahabatan, kita juga tidak boleh mengharapkan balas budi atau perhitungan sebagai sahabat. Tapi kan yang namanya teman sejati itu adalah tentang kebersamaan, dalam artian bisa saling menutupi kekurangan masing-masing. ketika sahabat sedang sulit, kita bantu, sebaliknya, saat kita susah, sahabat bisa menutupi kesulitan tersebut.

Inti dari kesetiaan dalam persahabatan itu adalah bisa saling menghargai. Seorang sahabat sejati itu tidak akan peduli dengan kelebihan dan kekurangan sehabatnya.

3. Karena Pekerjaan


Dan contoh yang terakhir adalah kesetiaan dalam pekerjaan. Dalam bekerja, kita dituntut untuk memberikan loyalitas yang tinggi dan bersikap konsisten di tempat kerja. Nah ujian kesetiaan biasanya terjadi ketika ada tawaran pekerjaan yang lebih baik, yang lebih nyaman, dan gaji yang lebih besar.

Dalam hal ini, bukanlah sesuatu yang negatif. Karena itu adalah hak pribadi kita untuk menentukan bagaimana masa depan yang akan kita pilih. Jadi gak ada salahnya kita mempertimbangkan tentang tawaran tersebut selagi pekerjaan itu adalah pekerjaan yang positif dan perkerjaan yang baik.

Nah 3 poin diatas adalah contoh kesetiaan yang biasanya terjadi di kehidupan kita. Setia bukan hanya sekedar omongan atau janji semata loh, karena setia itu harus dibuktikan dengan tindakan yang nyata. Tidak perlu sibuk mencari pengganti yang lebih baik, kalo saat ini kita sudah mendapatkan yang terbaik. Ingat “ketika kita mencari yang terbaik, maka kita akan mencarinya seumur hidup”. Dan nasehat terakhir, kita harus yakin bahwa kesetiaan akan muncul dengan sendirinya tanpa ada kata terpaksa dari apapun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar